Kamis, 07 Februari 2013

Microsoft Word 2007


MICROSOFT OFFICE WORD 2007

 

 Untuk dapat menjalankan program Microsoft Word 2007, berikut ini saya bagikan pengertian atau fungsi dari menu-menu yang ada di Ms. Word 2007.

Menu file, sub menu file

·         New: untuk membuat file baru, Anda dapat memilih menu File- atau tekan shortcut Ctrl+N

 

·         Open: untuk membuka file dokumen yang pernah kita buat, Anda dapat memilih File-Open atau tekan shortcut Ctrl+O

 

·         Close: untuk menutup file yang sedang aktif, Anda dapat memilih menu File-Close

 

·         Save: untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau yang sedang  dikerjakan, Anda dapat memilih menu File-Save  atau dengan tombol shortcut Ctrl+S

 

·         Save as: untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file baru, Anda dapat memilih menu File-Save As  atau dengan langsung menekan tombol F12

 

·         Save as Web page: untuk menyimpan file yang sudah dikerjakan dalam format file Web page

 

·         Search: untuk mencari file atau nama file

 

·         Versions: untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama orang yang menyimpan

 

·         Web page Preview: untuk menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak

 

·         Page setup: untuk menentukan margin dan ukuran kertas

·         Print Preview: untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak, Anda dapat memilih File-Print-Print Preview

 

 

 

·         Print: untuk mencetak dokumen yang kita buat, anda dapat memilih menu File-Print  atau dapat menekan tombol shortcut Ctrl+P

 

·         Send to: untuk mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft PowerPoint, Anda dapat memilih menu File-Send

 

·         Properties: untuk menampilkan informasi tentang dokumen yang aktif, Anda dapat memilih menu File-Prepare Properties

 

·         Exit: untuk keluar dari program Microsoft Office Word, Anda dapat langsung memilih tombol cross  yang berada pada pojok kanan atas

 

Menu Edit, Sub Menu Edit

·         Undo: membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan

 

·         Repeat atau Redo: menjalankan program yang telah dibatalkan

 

·         Cut: memindahkan file ke tempat yang kita kehendaki

 

·         Copy: menggandakan atau memperbanyak file

 

·         Office Clipboard: suatu tempat di memory yang disediakan Microsoft Office untuk menyimpan sementara hasil pengopy-an

 

·         Paste: menempelkan hasil copy yang telah di muat di memori

 

·         Paste Spesial: mengambil sebuah object yg sudah di simpan pada clipboard yang kemudian di letakan di lembar kerja

 

·         Paste Hyperlink: mem-paste-kan alamat web/blog kedalam sebuah kata

 

·         Clear: membersihkan sebuah file

 

·         Select All: menyorot atau memblok tulisan yang ada di lembar kerja

 

·         Find: menu untuk menemukan kata yang kita ingin cari dalam sebuah lembar kerja / naskah dengan cara ctrl + F

 

·         Replace: mengganti sebuah kata secara langsung/tidak perlu edit per 1 kata

 

·         Go To: menuju kehalaman,baris,persamaan tertentu dengan cepat

 

·         Links: sebuah alamat web/blog

 

·         Object: menyisipkan suatu object atau program lain yang akan digunakan dalam lembar kerja

 
Menu View, Sub Menu View

·         Normal: Untuk mengetik mengubah dan memformal teks secara umum

 

·         Web layout: Untuk menghubungkan dengan halaman web internet

 

·         Print layout: Untuk melihat tampilan dokumen sesuai dengan kertas yang digunakan

 

·         Outline: Mengubah tampilan layar kebentuk outline view

 

·         Task pane: Menampilkan atau menyembunyikan bantuan task pane dilayar

 

·         Toolbars: Menampilkan dan Menyembunyikan Toolbar

 

·         Ruler: Menampilkan dan Menyembunyikan Mistar / garis pengatur

 

·         Show paragraph marks: Untuk menampilkan symbol paragraph

 

·         Gridlines: Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja

 

·         Documents Map: Menampilkan document dengan disertai dengan peta gambar

 

·         Header  footer: Membuat dan menghapus judul atas dan bawah dokumen

 

·         Footnotes: Melihat catatan hasil footnote

 

·         Mark up: Menampilkan Toolbar Mark up

 

·         Full screen: Menampikan Dokumen dalam layar penuh

 

·         Zoom: Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar

 

 Menu Insert, Sub Menu Insert

·         Break: Untuk berpindah ke halaman berikutnya

 

·         Page Numbers: Untuk menyisipkan nomor halaman

 

·         Date And Time: Untuk menyisipkan tanggal dal waktu pada halaman

 

·         Autotext: Untuk menyisipkan kata

 

·         Field: Untuk menyisipkan field

 

·         Symbol: Untuk menyisipkan karakter khusus seperti sebuah symbol atau lambang

 

·         Comment: Untuk menyisipkan komentar

 

·         Reference: Untuk menyisipkan Footnote, Caption, Cross reference

 

·         Web Component: Untuk menyisipkan komponen dari web

 

·         Picture: Untuk menyisipkan gambar pada halaman

 

·         Diagram: Untuk menyisipkan diagram

 

·         Text Box: Untuk membuat teks dalam kotak atau bingkai

 

·         File: Untuk membuka dokumen yang ada

 

·         Object: Untuk menyisipkan data yang diperoleh dar program lain

 

·         Bookmark: Untuk menyisipkan dokumen favorit

 

·         Hyperlink: Suatu teks berwarna dan bergaris bawah atau gambar yang dapat ditekan dengan mouse untuk menuju ke suatu file lain atau ke suatu lokasi tertentu pada suatu file yang sama

 

 

Menu format, Sub menu format

 

1.    Font: Untuk mengganti bentuk atau jenis huruf, ukuran, warna, efek font dan garis bawah

 

2.    Paragraph: Mentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dokumen aktif

 

3.    Bullets and Numbering: Untuk member penomoran secara otomatis dengan symbol, huruf/angka

-          Bulleted untuk membuat daftar berbutir

-          Numbered untuk membuat daftar bernomor

 

4.    Borders and Shading: Digunakan untuk memberi garis batas dan pola

 

5.    Columns: Untuk membuat dokumen menjadi beberapa kolom

 

6.    Tabs: Untuk mengatur posisi tabulasi yang diinginkan

 

7.    Drop Cap: Untuk menampilkan huruf atau kata pertama dalam paragraph agar menjadi besar

 

8.    Text Direction: Untuk mengatur arah horizontal dan vertical dari text yang diketik

 

9.    Change Case: Untuk mengubah huruf besar dan kecil

 

10. Fit Text: Untuk mengatur jarak antara huruf dan kalimat

           

11. Background: Untuk memberi warna latar belakang pada dokumen

 

12. Theme: Untuk mengatur format tampilan tema yang digunakan pada halaman web

 

13. Frames: Untuk membuat table daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame

 

14. Auto format: Untuk mengubah format yang disediakan word menjadi format dokumen baru

 

15. Style and Formating: Untuk mengubah style dan format

 

16. Reveal Formating: Untuk menampilkan task pane reveal

 

17. Object: Untuk menyisipkan data yang diperoleh dari program lain

 

Menu Tools, Sub Menu Tools

·         Spelling and Grammar: ejaan dan tata bahasa

 

·         Language: untuk memeriksa ejaan

 

·         Word Count: untuk menghitung banyaknya kata yang terdapat pada sebuah kalimat

 

·         Autosummarize: memilah kata-kata penting dari text atau tulisan yang dipangkas

 

 

·         Speech: adalah kalimat langsung yang mana kalimat tersebut diucapkan langsung dalam sebuah pembicaraan

 

·         Track Changes: melacak perubahan atau fasilitas yang telah disediakan oleh Microsoft Excel untuk memonitor setiap perubahan ataupun pengeditan yang dilakukan pada data

 

·         Compare and Marge Documents: untuk membandingkan dan menggabungkan dokumen

 

·         Protect document: untuk melindungi dokumen

 

·         Online Collaboration: untuk melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net meeting

 

·         Letters and Mailings: untuk pembuatan surat biasa

 

·         Macro: merupakan pengembangan bahasa programan visual basis yang digunakan pada aplikasi Microsoft Office

 

·         Template and Add–Ons: memberi akses yang cepat pada yahoo site explorer

 

·         Auto Correct Options: untuk membuat auto corect

 

·         Customize: untuk melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key

 

·         Options: untuk memodifikasi setting program dari Microsoft office

 

Menu, Table, Sub Menu Table

-Draw Table: Untuk mengaktifkan pointer, pensil untuk membuat table, dan erase untuk menghapus garis table

-Insert: Membuat table dengan format yang telah tersedia sehingga tidak perlu menggambar satu persatu kotak/cells

-Delete: Untuk menghapus baris atau kolom

-Select: Memilih suatu table, baris, kolom, dll

-Merge Cells: Untuk menggabungkan beberapa cells

-Split Cells: Membelah atau membagi cells menjadi dua atau lebih

-Table AutoFormat: Membuat suatu table sekaligus mengformatnya

-AutoFit: Untuk mengatur lebar kolom secara otomatis dengan acuan tulisan yang ada pada kolom tersebut

-Heading Rows Repeat: Menggunakan judul atau header table berulang

-Convert: Merubah teks untuk table dan sebaliknya

-Sort: Mensorting data yang ada pada table

-Formula: Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada table

-Hide Gridlines: Menampilkan garis pada suatu table

-Table Properties: Menampilkan kotak dialog table properties

                                    

Menu window, sub menu window

·         New window: berfungsi ketika pengguna ingin membuka aplikasi baru tanpa ingin membuka dari window yang lama atau yang sedang dipergunakan

 

·         Arrange all: untuk  mengatur semua jarak yang di tentukan

 

·         Split: digunakan untuk membuat artikel secara proforsional agar tidak terlalu besar atau bagian dari artikel yang memiliki panjang  tidak proporsional

 

 

 

Menu help, sub menu help

 

·         Microsoft word help: adalah suatu wadah untuk memberikan pertolongan (GUIDE) tentang apa yang tidak dipahami oleh pengguna, sehingga pengguna bisa langsung mengetahui cara penggunaan yang benar

 

·         Show the office assistant: untuk membantu pengguna dengan cara karakter animasi interaktif, yang dihubungkan dengan konten bantuan office

 

·         Active product:  adalah suatu program/system yang sedang dijalankan

 

·         Detect  and repair: suatu program yang di gunakan untuk menemukan dan memperbaiki suatu data

 

·         About Microsoft word: merupakan salah satu program dari Microsoft office yang digunakan untuk mengolah kata

 

 

 

           

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar