Jumat, 08 Februari 2013

Cara Membuat Email


Email
     Pengenalan Internet
Internet (International-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan computer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan.

Pentingnya Email
Email (electronic mail, e-mail) merupakan suatu metode agar kita bisa saling bertukar surat/pesan secara elektronik (digital). Email terdiri dari dua bagian, yaitu nama dan domain. Misalnya alamat email: lamminar@gmail.com, bagian pertama adalah nama pengguna (username) dan yang kedua adalah gmail.com atau yahoo.com (website tempat kita mendaftar email). Untuk membuka isi email, maka kita memerlukan kata kunci (password).

A. Cara Membuat Email Gratis di Gmail
Salah satu website yang menyediakan layanan email gratis adalah Google, dengan layanannya GMAIL. Ketika kita sudah membuat email di gmail, maka kita akan mempunyai alamat email, misalnya: lamminar@gmail.com

Bagaimana cara membuat email di gmail? Berikut langkah-langkahnya: Buka website http://mail.google.com atau www.gmail.com. Keduanya merupakan alamat gmail (sama saja), kemudian click pada link atau layanan Gmail.

Sehingga akan tampil dialog box seperti dibawah ini dan untuk membuat email baru, silahkan klik tombol Create account atau Buat Akun dibagian bawah).

Kita akan masuk ke halaman pembuatan akun atau pendaftaran email baru. Jika tampilan masih dalam bahasa inggris, untuk memudahkan, maka ubah tampilan ke Bahasa Indonesia dengan memilih bahasa dari menu Change Languange (pojok kanan atas).

Setelah tampilan berubah menjadi bahasa Indonesia, langkah selanjutnya adalah mengisikan data kita ke form/lembar yang disediakan.

Lalu, isikan Nama Depan dan Nama Belakang anda, kemudian Nama Login yang diinginkan. Nama Login ini nantinya akan menjadi nama alamat email kita. Misalnya kita menggunakan nama login lam minar, maka alamat email kita adalah lamminar@gmail.com, dan isikan sandi atau password panjang kurang lebih 8 karakter, selanjutnya isi kolom-kolom yang sudah disiapkan oleh layanan Gmail sampai Verifikasi Kata. Kemudian klik pada button “Saya Menerima Buat Akunku”.
Setelah berhasil, maka akan tampil informasi jika pembuatan email berhasil.

Untuk langsung masuk ke email, klik saja tombol Tunjukkan akun saya>> maka akan tampil halaman email kita yang sudah jadi dan siap digunakan.

Langkah selanjutnya jika ingin merubah tema tampilan halaman anda, buka saja salah satu pesan pada kotak masuk anda yaitu: Ubah Gmail Dengan Warna Dan Tema. Setelah tampil pesan yang dikirim oleh pusat layanan gmail, maka langkah selanjutnya untuk merubah tema tampilan klik saja di link Klik di sini untuk mengkustomisasi Gmail>> maka akan menampilkan tema-tema yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan dengan cara Double Click ata klik saja pada nama-nama tema. Maka tampilan halaman anda akan berubah.

Cara mengirim pesan kepada teman/sahabat
Klik pada tulisan Membuat Pesan, sesudah itu maka akan tampil halaman untuk penulisan pesan. Sesudah pesan dan alamat email yang akan dikirim pesan sudah diketik, klik button Kirim untuk mengirim pesan, jika ingin disimpan terlebih dahulu klik button Simpan, jika ingin membuang pesan klik pada button Buang.
Dan membuka pesan yang dikirim oleh teman, keluarga, atasan kerja, dll klik di Kotak masuk. Maka akan tampil pesan-pesan yang masuk. Double click di subject pesan yang masuk untuk membaca pesan tersebut.

Jika sudah selesai menggunakan email sesuai yang dibutuhkan, maka dapat memilih button Keluar.
B. Cara Membuat Email dengan Yahoo
Langkah-langkahnya adalah:
1. Ketik alamat www.yahoo.co.id (untuk Negara Indonesia) pada address bar
Maka akan muncul tampilan halaman utama dari yahoo.co.id
2. Kemudian klik tab Daftar yang ada pada halaman utama tersebut akan tampil halaman mail yahoo.co.id.
Dan selanjutnya adalah untuk mengisi form registrasi:
a. Mengisi Nama Saya: Nama Depan dan Nama Belakang/ kalau seseorang hanya mempunyai nama satu kata saja, maka dapat ditulis double/sama
b.Pilihlah Preferred content, untuk defaultnya adalah Yahoo! US
c. Mengisi Gender (Pria atau Wanita)
d. Mengisi Yahoo!ID yang terdiri dati huruf a-z, angka 0-9
e. 5.  Password: Isi Passwordnya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita nanti akan kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Ketiklah password sebanyak dua kali pada kolom yang berbeda, dengan password yang sama
f. Security Question: digunakan apabila kita lupa terhadap password, maka kita dapat mengikuti petunjuk dengan security tersebut
g. Mengisi tanggal kelahiran dengan format: Bulan, tanggal, dan tahun kelahiran
h. Mengisi ZIP/Postal Code: mengisi Kode Pos
i. Mengisi alternate Email (optional): tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat email yang lain
j. Industry: pilih industri yang sesuai dengan saudara
k. lembaga tempat bekerja
l. Specialization: isi sesuai dengan spesialisasi pekerjaan anda
m. Mengetikkan kode yang sama seperti tertulis di dalam kotak dibawahnya
n. Setelah semuanya selesai, maka tekanlah menu button I agree
o. Isi form sesuai dengan data diri anda. Apabila data anda telah sesuai, maka akan tampil halaman keterangan bahwa anda telah terdaftar pada yahoo mail
p. Klik button Lanjutkan untuk melangkah ke halaman berikutnya

Langkah berikutnya klik pada tab Mail untuk masuk kehalaman kerja mail anda.
Email Masuk (Inbox) : tempat pengecekan email masuk/tempat penyimpanan pesan masuk atau kiriman dari orang lain
Draft:  tempat penyimpanan mail kita yang tidak sempat kita kirim atau yang memang sengaja kita simpan terlebih dahulu
Email Keluar (Sent): tempat penyimpanan mail yang kita kirim kepada orang lain
Spam : sama halnya dengan email masuk namun spam hanya menyompan dalam beberapa saat
Sampah (trash): tempat penyimpanan pesan-pesan yang kita hapus sama halnya dengan Recycle Bin
Kirim (Send): tab ini digunakan untuk kirim pesan jika sudah selesai menulis
Simpan sebagai Draft : tab ini digunakan untuk menyimpan pesan anda
Lampiran File (Attach Files): tab ini digunakan untuk melampirkan File, berupa doc, picture, video (dengan batas maksimum) dll


Tidak ada komentar:

Posting Komentar